Bagikan ke :

Jogja identik dengan batik. Banyak sekali store batik yang menjual batik di Jogja, seperti halnya di Malioboro, Candi Prambanan, Monumen Jogja Kembali, dan masih banyak lagi.

Batik adalah kain yang digambar dimana pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain, kemudian pengolahannya diproses dengan cara khusus juga yang memiliki kekhasan tersendiri. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang ada, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009 dan jadilah kebudayaan Indonesia.

Lantas apabila batiqlovers akan belajar membuat batik di Jogja, di mana ya tempatnya ? Berikut tempat belajar batik di Jogja !

Kampung Batik Giriloyo, Wukirsari, Imogiri

Selain dikenal sama sate klataknya, Imogiri sering disebut sebagai salah satu sentra batik tulis Jogja. Selain batiqlovers dapat membeli kain-kain indah khas Jogja ini, ternyata wisatawan juga dapat mengikuti kelas membatik disini. Jadi kalau mau belajar sembari menikmati nuansa alam yang sejuk, Imogirilah tempatnya.

Alamat: Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari 02/20 Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Sanggar Berani Usaha

Sesuai dengan namanya, Sanggar Berani Usaha merupakan salah satu pilihan menarik untuk belajar membuat batik yang berada di Jogja. Uniknya, sanggar ini senantiasa mendorong orang yang tertarik di dunia batik agar dapat berani berwirausaha. Selain menyediakan paket singkat atau sehari, Sanggar Berani Usaha juga menyediakan kursus membuat desain batik hingga kursus batik tingkat lanjut seperti menggambar pada kain pola, proses mencanting halus, beragam teknik hingga tingkat pewarnaan batik.

Alamat: Jalan Monjali / Selokan Mataram, Popongan Baru No. 16, RT 16/RW 30, Kutu Dukuh, Sinduadi, Mlati, Sleman – Yogyakarta

Museum Batik

Museum Batik juga menyediakan paket membatik yang menarik untuk wisatawan. Jadi selain dapat menikmati berbagai koleksi kain batik lawasan bernilai sejarah tinggi serta berbagai peralatan untuk membatik, Batiqlovers juga dapat menikmati paket membatik dengan harga yang cukup terjangkau.

Alamat: Jalan Dr. Sutomo No. 13 A, Yogyakarta

Batik Seno

Batik Seno merupakan galeri batik lukis terbesar di Jogja yang didirikan oleh Taslim BS. Batik Seno sudah eksis di dunia batik lebih dari 30 tahun. Selain dapat melihat ribuan koleksi lukisan batik, di sini Batiqlovers juga dapat melihat langsung proses pembuatannya lho! Jika tertarik untuk membuat lukisan sendiri pun dapat. Kursus membatik di sini akan diajarkan langsung oleh para pelukis. Asyik kan?

Alamat: Mantrijeron, MJ III/800, Yogyakarta

Batik Painting & Batik Course “KELIK”

Batik Painting & Batik Course “KELIK” merupakan salah satu tempat belajar batik yang terletak di Dusun Salakan, Bantul. Selain membuka kelas batik sehari penuh dengan harga 200K saja. Selain menawarkan kelas membatik singkat yang dimulai pukul 09.00 hingga 15.00 ini, Batik Painting & Batik Course “KELIK” juga menyediakan penginapan. Selain belajar membatik, tempat ini juga memprodukasi post card, lukisan painting hingga kaos batik yang dibuat berdasarkan pesanan konsumen.

Alamat: jalan Menukan, Karangkajen, Yogyakarta

Mirota Batik

Meski tidak dapat belajar membatik secara langsung, tapi di Mirota Batik pengunjung dapat melihat ibu-ibu yang sedang membatik. Dengan melihat dan mempelajari teknik atau caranya membatik, paling tidak dapat tahu teknik dasar dalam membatik.

Alamat: Jl A Yani 9 Yogyakarta. Yogyakarta

Brilliant Batik

Brilliant adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang kerajinan tangan yang memiliki corak etnik tradisional yang bergaya modern. Selain menawarkan berbagai busana etnik, Brilliant juga melebarkan sayap dalam bidang home decoration dan ethnic fashion bag & dress, gift and souvenir. Dengan melihat banyak referensi batik dan olahan kain batik yang ada di Brilliant Batik, tentu dapat menjadi sumber inspirasi untuk belajar membatik.

Alamat: Brilliant Batik berlokasi di Jalan Tegal Gendu no. 27 Kotagede, Yogyakarta.

Workshop: Jalan Mondorakan No. 53 Yogyakarta.

Lebih mengenal batik disini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.