Rekomendasi makanan khas purwokerto
Bagikan ke :

Berkunjung ke kota purwokerto tentu wajib mencicip makanan khas purwokerto. Tidak perlu bingung, simak disini makanan yang recomended.

Purwokerto merupakan kota dengan segudang potensi wisata. Purwokerto memiliki banyak keunikan, mulai dari fashion, kebudayaan, juga letak geografisnya yang dikelilingi gunung-gunung. Dimana daerah ini memiliki banyak destinasi wisata. Sebut saja tempat wisata Baturraden, Monumen Besar Jenderal Sudirman, Gua Sarabadak, Telaga Sunyi, dll.

Selain pemandangan alamnya, Purwokerto juga memiliki kuliner unik dan menarik. Berbagai kuliner khas untuk dicicipi, misalnya seperti hidangan berikut!

1. Soto Sokaraja

Kuliner Soto Sokaraja merupakan makanan khas Purwokerto berasal dari sebuah tempat bernama Sokaraja. Soto Sokaraja biasanya disajikan bersama ketupat.

Ketupatnya memiliki dua varian rasa utama yaitu rasa ayam dan rasa daging sapi. Perbedaan soto Sokaraja dari soto pada umumnya terletak pada kuahnya yang sangat kental bila dibandingkan soto lainnya.

2. Gesret

Kue Gesret adalah makanan tradisional purwokerto berbahan dasar singkong. Sesuai dengan namanya makanan ini dibuat dengan cara digesret atau diparut. Namun parutan yang digunakan menggunakan parutan khusus. Hasil dari parutan menghasilkan potongan singkong dengan panjang sekitar 5cm dan berbentuk mirip mie kwetiauw.

Untuk cara pembuatannya cukup mudah, singkong parut dicampur gula jawa dan berbagai bumbu kemudian dikukus. Setelah matang, gesret siap disajikan dan biasanya diberi taburan parutan kelapa.

3. Kue Nopia

Makanan khas Purwokerto selanjutnya bernama nopia. Panganan satu ini terbuat dari gula jawa dibalut tepung terigu. Adonan kemudian dibentuk bulat-bulat kecil, sehingga sangat mudah untuk dijadikan camilan sekali suap.

Bagian luar nopia memiliki tekstur cukup keras mirip tekstur kacang atom. Namun apabila sudah digigit, saus gula jawa lumer di mulut sehingga terasa sangat manis dan enak. Apabila jalan-jalan ke Purwokerto sempatkan mampir ke jalan Serayu No 88 Banyumas. Di sana adalah pusat penjualan nopia di Purwokerto.

4. Mendoan

Tempe Mendoan merupakan makanan Purwekorto yang sudah menjadi ikon kota Purwokerto. Bahan utamanya berupa tempe dan terigu.

Dalam proses pembuatannya, tempe dipotong tipis-tipis kemudian digoreng setengah matang. Kuliner khas Purwekerto ini paling cocok apabila dinikmati bersama segarnya sambal kecap dengan irisan cabai.

5. Getuk Sokaraja

Kuliner Purwokerto selanjutnya bernama getuk Sokaraja. Getuk Sokaraja paling enak apabila dijadikan camilan bersama segelas kopi atau teh manis. Getuk berbahan utama singkong atau ketela pohon. Sehingga menjadikannya aman bagi perut, walaupun dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Getuk original biasanya menggunakan gula jawa, sehingga rasanya manis nan legit. Bagi penyuka varian rasa lain, sekarang getuk Sokaraja telah berinovasi. Kini hadir getuk rasa duren, coklat dll

6. Jenang Jaket

Dodol ini atau Jenang jaket merupakan camilan khas Purwokerto berbahan utama tepung ketan, gula merah dan santan kelapa. Panganan satu ini memiliki tekstur lembut degan citarasa manis.

Bagi penduduk setempat, panganan ini sudah menjadi item wajib dalam acara-acara spesial seperti hajatan, mantenan ataupun sukuran. apabila sedang berkunjung ke Purwokerto dan ingin mengunjungi pusat pembuatan jenang jaket maka dapat berkunjung ke Jalan PKK No.600, Mersi, Purwokerto, Banyumas.

7. Klanting

Camilan Klanting atau lanting merupakan makanan khas Purwokerto berbentuk seperti anting-anting. Lebih tepat, bentuknya mirip dengan angka delapan berukuran besar. Bentuk angka 8 dalam klanting memiliki nilai filosofis.

Angka 8 bermakna bahwa tali persaudaraan orang Purwoketo sangat erat bagaikan angkat 8 yang tak pernah putus. Soal rasa dan tektur, klanting menyajikan cita rasa gurih dan renyah.

8. Cimplung

Jajanan Cimplung berasal dari kata cemplung artinya dimasukkan ke dalam air. Sesuai dengan namanya makanan khas Puwokerto ini dibuat dengan cara dimasukkan ke dalam air. Namun air yang dipakai merupakan air nira yang biasa digunakan untuk membuat gula merah. Rasa dari cimplung adalah manis alami khas gula merah yang dijamin bakal bikin ketagihan.

9. Kraca

Kuliner Kraca merupakan makanan khas Purwoketo yang tergolong sebagai panganan tradisional. Bahan utama kraca adalah keong kecil yang biasa hidup di sawah-sawah. Proses pembuatannya, keong kecil direbus dalam air mendidih dicampur rempah-rempah. Sehingga menjadikan kraca sangat harum dan gurih.

Cara menyantap kraca cukup unik, karena biasanya dimakan dengan cara menyedot ujung keong yang sudah dibuang bagian penutupnya. Cara lain untuk menyantapnya adalah dengan menggunakan lidi untuk mengeluarkan isinya.

10. Tomplo atau Templek

Kuliner Tomplo merupakan makanan khas purwokerto yang berbahan baku utama ranjem. Ranjem merupakan ampas atau sisa dari pembuatan tahu.

Tomplo dibuat dengan cara mencampur bumbu-bumbu bersama ranjem lalu dibentuk bulat-bulat. Setelah itu, tinggal dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu kemudian di goreng. Seperti saudaranya mendoan, tomplo paling enak apabila disantap bersama segelas kopi atau teh manis.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.