Bagikan ke :

Rekomendasi belanja oleh-oleh khas kota Jogja yang wajib Batiqlovers beli selama liburan di Yogyakarta. Yogyakarta tidak hanya mempunyai banyak tempat wisata yang menarik dan yang mengesankan untuk liburan. Namun tidak hanya itu saja, di Yogyakarta juga kaya akan kuliner yang enak, hasil kerajinan tangan yang memikat dan souvenir yang bagus. Tidak lengkap rasanya apabila Batiqlovers berlibur di kota Jogja sebagai ibukota provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak berbelanja oleh-oleh khas Jogja yang legendaris untuk dibawa pulang.

Souvenir khas kota Jogja juga bisa menjadi kenang-kenangan tersendiri selama liburan di Yogyakarta bersama orang terdekat. Baik itu berupa cinderamata atau berupa bingkisan berupa makanan khas kota Jogja. Tentunya oleh-oleh khas Jogja seperti kaos, batik dan hasil kerajinan tangan ( gerabah). Dapat Batiqlovers beli dengan harga murah untuk keluarga di rumah, teman atau tetangga terdekat. Untuk makanan kuliner khas kota Jogja yaitu Gudeg Jogja dan jajanan makanan kecil seperti bakpia.

Yogyakarta juga banyak terdapat sentra industri dan perkampungan rumah industri batik khas Jogja yang terkenal. Terdapat juga sentra industri pembuatan Gerabah dan Perak. Atau sentra jajanan khas Jogja dan kuliner masakan gudeg di Wijilan. Batiqlovers dapat membeli langsung ditempat-tempat tersebut dengan harga murah dan orisinil khas kota Jogja. Di tempat tersebut Batiqlovers juga dapat melihat secara langsung proses pembuatan. Ini merupakan pengalaman yang tidak mungkin bisa dilupakan dalam bagian liburan Batiqlovers di Yogyakarta.

Berikut ini beberapa sentra dan rekomendasi belanja oleh-oleh khas Jogja yang wajib Batiqlovers beli selama berwisata di Yogyakarta.

1. Sentra Gerabah di Kasongan

Desa Kasongan berada di wilayah kabupaten Bantul, provinsi Daerah Istiwewa Yogyakarta atau sekitar 10 Kilometer arah selatan dari pusat kota Jogja. Di daerah Kasongan merupakan sentra industri kerajinan gerabah yang paling terkenal di Yogyakarta. Tidak hanya gerabah, disini juga banyak dijual barang-barang seni dan kerajinan tangan seperti lukisan, furniture dan patung yang terbuat dari kayu.

Rekomendasi belanja oleh-oleh khas kota Jogja yang wajib Batiqlovers beli yang pertama yaitu membeli kerajinan gerabah di Kasongan. Di kawasan sentra gerabah di Kasongan ini, Batiqlovers bisa melihat dari dekat proses pembuatan gerabah. Mulai dari proses mengolah tanah liat, pembuatan dan proses pembakaran gerabah yang masih menggunakan pembakaran secara trasional. Untuk kualitas gerabah dari Kasongan, tidak perlu diragukan lagi. Banyak produk gerabah di Kasongan untuk di export ke luar negeri seperti di negara Eropa dan sebagian di Amerika. Hiasan seni dan isi perabot rumah Batiqlovers belum lengkap ? Datanglah ke Kasongan Batiqlovers dapat berbelanja barang kerajinan dan perabot rumah dengan harga murah. Apabila Batiqlovers tinggal di luar kota Jogja, Batiqlovers tidak perlu kuatir. Mereka juga menerima jasa pengiriman barang kerajinan ke seluruh penjuru Indonesia.

2. Belanja Batik khas Jogja

Jogja mempunyai predikat sebagai salah satu kota Batik di Indonesia. Jogja juga mempunyai ciri khas Batik yang berbeda dibandingkan batik Solo, Batik Pekalongan, Batik Cirebon atau Batik sejenisnya. Ciri khas tampak dari sisi design motif dan warna batik yang dibuat khas Jogja. Inilah daya tarik tersendiri yang dicari para kolektor dan pecinta batik di tanah air Indonesia. Dari proses pembuatan batik dibedakan menjadi Batik tulis, batik cap dan batik tektil. Di Jogja terdapat sentra industri batik tulis, salah satunya di desa Giriloyo di daerah Imogiri Bantul. Batik tulis memang lebih mahal dibandingkan dengan batik cap dan batik tektile dikarenakan proses pembuatan yang memakan waktu sangat lama.

Rekomendasi belanja oleh-oleh khas kota Jogja yang wajib Batiqlovers beli yang kedua adalah membeli Batik khas Jogja. Untuk mendapatkan koleksi batik tulis yang modern namun tetap syar’i dan tentu cocok digunakan di kantor. Batiqlovers bisa cobain berkunjung ke albatique, selain batik tulis modern disana juga menyediakan batik cap dan textile sehingga tak perlu takut dengan harganya yang mahal.

Selain harga yang terjangkau di Albatique memiliki kualitas dan style yang sangat cocok untuk masa kini dan tidak kekunoan. Jadi bisa batiqlovers digunakan di segala acara. Untuk lokasi dari albatique ini ada di Jalan Kaliurang KM.5 Sebelah MCDonald Jalan Kaliurang Jogja Loo… Selain bisa menikmati belanja batik tentu bisa mampir ke MCD kan ya.

3. Berburu Jajanan Pasar di Beringharjo

Rekomendasi belanja oleh-oleh khas kota Jogja yang wajib Batiqlovers beli berikutnya adalah berburu jajanan pasar di Beringharjo. Beringharjo adalah nama pasar terbesar di kota Jogja. Di pasar Beringharjo tidak hanya bisa berbelanja pakaian baju batik, disini Batiqlovers juga dapat menikmati berbagai jajanan pasar yang sekarang sudah susah ditemukan di tempat lain seperti jajanan jenang, pecel, gudangan, gethuk, wajik, puthu sampai makanan jadah tempe banyak dijajakan di pasar paling ramai di kota Jogja. Di pasar ini Batiqlovers juga bisa menemukan ramuan jamu jawa yang sangat langka. Berbagai masakan kuliner dengan citarasa jaman dulu dan memanjakan lidah yang tidak mungkin Batiqlovers temukan ditempat lain juga dapat Batiqlovers nikmati di pasar Beringharjo ini dengan harga terjangkau.

4. Kerajinan Perak di Kotagede

Salah satu rekomendasi belanja oleh-oleh khas kota Jogja yang wajib Batiqlovers beli dan banyak diminati oleh wisatawan adalah membeli kerajinan perak di Kotagede. Tempat ini dari jaman Belanda dikenal sebagai pusat kerajinan perhiasan perak hingga saat ini. Di tempat ini terdapat banyak toko yang menjual kerajinan perak dengan bangunan kuno. Disini Batiqlovers dapat melihat proses pembuatan secara langsung bagaimana pelebuaran perak dilakukan, pembuatan design sampai 5 tahapan yang harus dilalui kemuadian siap untuk dijual ke pelanggan.
Lokasi Kotagede berada di sebelah timur kota Jogja atau sekitar 10 kilometer dan dapat ditempuh sekitar 15 menit menuju ke tempat ini.

5. Gudeg Wijilan

Dari sejak zaman dulu kota Jogja tidak bisa lepas dari predikat kota Gudeg. Karena di Jogja terkenal masakan gudeg yang lezat yang ada disetiap sudut kota. Tidak lengkap rasanya apabila Batiqlovers berlibur di Jogja, tidak mencicipi sepiring gudeg jogja. Inilah rekomendasi belanja oleh-oleh khas kota Jogja yang wajib Batiqlovers beli. Masakan gudeg ini tidak akan basi untuk 2 -3 hari dan Batiqlovers tinggal menghangatkan sesaat sebelum di hidangkan.
Sentra gudeg di Jogja berada di daerah Wijilan. Wijilan berada disebelah timur alun-alun utara kraton Jogja.

Disini Batiqlovers dapat menemukan warung gudeg berjejer, pada musim liburan tempat ini selalu menjadi tujuan wisatawan yang ingin bernostalgia dan menikmati rasa masakan gudeg khas Jogja. Gudeg merupakan irisan buah nangka yang dimasak lebih lama dengan rasa agak manis. Dan ditambahan sambal krecek yang pedas serta dilengkapi potongan ayam kampung dengan areh kelapa yang gurih. Ada beberapa warung gudeg di daerah Wijilan diantranya warung gudeg Bu Slamet, Yu Djum, Bu Lies dan masih banyak lagi.

6. Kaos Lucu dari Dagadu

Kaos Dagadu adalah kaos dengan kata-kata kucu khas orang Jogja dan menjadi ikon wisata di Yogyakarta. Tersedia dengan berbagai ukuran untuk anak-anak dan dewasa yang dapat Batiqlovers temukan di Mall Malioboro, di pojok Alun-alun utara di kota Jogja dan di Yogyatorium Dagadu di Jalan Gedongkuning 128 Jogja.
Inilah salah satu rekomendasi belanja oleh-oleh khas kota Jogja yang wajib Batiqlovers beli yang cocok untuk kenang-kenangan liburan di Yogyakarta.

7. Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk adalah salah satu makanan ringan yang banyak diburu oleh wisatawan yang sedang berlibur di Jogja. Jajanan ini menjadi makanan yang cocok sebagai oleh-oleh. Dengan harga yang murah dan rasa manis yang khas dari kumbu kacang dengan dibungkus terigu yang dipanggang. Pusat oleh-oleh bakpia berada di daerah Pathuk atau sekitar 1km ke barat Malioboro. Disini terdapat toko bakpia terkenal di Pathuk yaitu Bakpia 25 dan Bakpia 75 dan bakpia pathuk salah satu rekomendasi belanja oleh-oleh khas kota Jogja yang wajib Batiqlovers beli.
Di toko oleh-oleh khas Jogja, Batiqlovers juga dapat menemukan makanan khas Jogja yang banyak disukai orang seperti Yangko. Yangko adalah seperti adonan moci yang dibakar dengan rasa manis, Geplak dari parutan kelapa yang manis.

8. Salak Pondoh

Salak pondoh merupakan salah satu buah khas Yogyakarta yang berbeda dengan salak di daerah lain di Indonesia. Tanah yang subur dan sedikit berpasir vulkanik Gunung Merapi sangat cocok untuk pertumbuhan kebun salak di Yogyakarta. Dan memiliki teksur daging salak yang kenyal dan rasa manis yang kuat serta tidak ada rasa asam. Perkebunan salak dapat ditemukan di sebelah utara kota Jogja tepatnya di kabupaten Sleman di daerah Turi, Tempel.
Buah salak pondoh merupakan salah satu rekomendasi belanja oleh-oleh khas kota Jogja yang wajib Batiqlovers beli. Salak pondok bisa bertahan lebih dari 2 minggu dan tidak busuk apabila penyimpanan dilakukan dengan benar. Batiqlovers dapat membeli salak pondoh di sepanjang jalan Magelang ke arah candi Borobudur.

Demikian 8 rekomendasi belanja oleh-oleh khas kota Jogja yang wajib Batiqlovers beli. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi perjalanan wisata dan liburan Batiqlovers di Yogyakarta. Kami berharap liburan Batiqlovers akan lebih berkesan.

Keyword Kami :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.