Bagikan ke :

Menyimpan batik dengan cara yang baik dan benar menjadi salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan untuk merawat dan menjaga kualitas bahannya, di samping cara mencuci dan menyetrika batik yang juga harus benar. Tidak hanya berlaku untuk batik yang dibuat dari kain mori saja tapi ini juga berlaku untuk batik yang dibuat dari bahan dasar kain sutra.

Dibandingkan dengan kain wol ataupun kain katun, kain batik sutra terutama yang dibuat dengan teknik tulis pada prinsipnya memerlukan perawatan yang lebih hati-hati. Sebab sifat dasar sutra yang sangat halus cenderung lebih sensitif dan sangat mudah rusak jika diperlakukan agak kasar.

Supaya keindahan kain batik sutra yang batiqlovers miliki terjaga dengan baik dan tekstur bahannya tetap lembut ketika dikenakan maka batik sutra juga perlu dirawat dengan cara yang cermat. Berikut beberapa point penting yang wajib batiqlovers perhatikan untuk merawat dan menyimpan kain batik sutra.

1. Cuci Dengan Dry Cleaner

Mencuci kain batik sutra secara dry cleaning sangat dianjurkan. Namun jika batiqlovers ingin mencucinya sendiri di rumah sebaiknya gunakanlah deterjen yang lembut dan air hangat sekitar 30° C.

2. Perhatikan Proses Pencucian

Selama proses pencucian berlangsung kain batik sutra yang dicuci tersebut jangan diremas dan diperas.

3. Penjemuran Kain Batik

Setelah pencucian selesai dilakukan jemur kain batik sutra dengan cara diangin-anginkan di tempat yang terbuka bukan dikeringkan dibawah sinar matahari langsung. Jika dirasa sudah cukup kering segera angkat pakaian atau kain batik sutra batiqlovers.

4. Hindari Penyemprotan Parfum

Hindari menyemprotkan parfum secara langsung pada permukaan kain batik sutra supaya warnanya tidak memudar (khusus pada batik sutra yang menggunakan pewarna alami).

5. Lapisi Saat Setrika

Lapisi kain sutra batiqlovers sebelum memulai menyetrika dengan menggunakan bahan lain, jangan menyeterika langsung permukaan sutra. Setelah kain pelapis terpasang batiqlovers bisa menyetrika seperti biasa.

6. Penyimpanan Kain

Simpanlah kain atau pakaian batik sutra batiqlovers dengan cara menggantungnya di tempat yang kering dan tidak lembab. Jauhkan pakaian atau kain batik sutra dari tempat yang terlalu terang untuk menjaga kilauan warnanya.

7. Gunakan Lemari Khusus

Untuk mengusir ngengat dari tempat penyimpanan pakaian, gunakanlah pengharum lemari atau akar wangi yang sudah dua kali melalui proses pencelupan dalam air panas dan dijemur hingga kering.

Semoga tips mengenai cara merawat kain batik yang terbuat dari bahan sutera bisa memberikan manfaat yang besar untuk batiqlovers. Jika teknik perawatan yang batiqlovers lakukan sudah benar-benar tepat, bukan tidak mungkin jika kain batik sutra tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu investasi yang menguntungkan

Keyword kami : batik tulis, batik kontemporer, batik sutra

1 thought on “WOW, Ternyata begini Cara Merawat Kain Batik Sutra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.