Bagikan ke :

Selamat Sore pembaca Batik Indonesia yang batiqlovers cintai dan batiqlovers sayangi, marilah bersama-sama batiqlovers berangkat menuju ke kondangan untuk mencari makanan gratis dan pamer batik ke segala penjuru Indonesia. Semoga kalian merupakan salah satu yang sekarang sedang memakai batik dan terlihat ganteng atau cantik dengan batik kalian. Dalam artikel kemarin sudah batiqlovers bahas beberapa motif batik yang memiliki filosofi tersendiri. Sekarang karena batiqlovers juga bingung mengapa jodoh tidak kunjung datang maka dari itu batiqlovers bahas saja mengapa memilih batik sebagai trend fashion 2018.

batik sebagai trend fashion 2018.

Batik Indonesia merupakan suatu hasil karya cipta seni keindahan yang sangat batiqlovers banggakan. Selain sudah mendapatkan pengakuan dunia Internasional, batik juga menjadi trend fashion di beberapa penjuru dunia. Mungkin saja besok di penjuru dunia lain pocong dan kuntilanak juga kompak memakai batik ketika mau menakuti manusia. Siapa tahu.

Okay, berhubung waktu yang semakin malam dan gelap, langsung saja batiqlovers lihat 5 alasan mengapa memilih batik sebagai trend fashion :

1. Batik Indonesia Memiliki Desain yang Lengkap

Mulai dari motif, warna, filosofi, sampai detail yang rumit menjadikan batik sebagai pakaian yang sudah memiliki desain yang lengkap. Didukung dengan adanya designer ternama yang juga sudah menggunakan motif batik dalam trend fashion mereka. Lihat saja dari motif batik tulis udan liris sampai truntum simping merak. Batik ini mewarisi jiwa seni dan aura tersendiri dari pembuat batik.

Batik mampu bersanding sejajar dengan fashion masa kini dan paduan yang sempurna untuk pakaian adat jawa maupun kebaya modern. Dengan tidak meninggalkan sisi klasiknya menjadikan batik merupakan mahakarya yang sangat istimewa. Apalagi ketika batiqlovers mendapatkan batik tersebut dari orang yang batiqlovers sayang.

2. Batik Indonesia merupakan Warisan Budaya yang Sudah Diakui Dunia

Sudah berulang kali batiqlovers bahas bahwa batik Indonesia sudah menjadi warisan budaya dunia, sebagai tuan rumah batik sudah seharusnya batiqlovers sendiri mampu mempromosikan batik ke seluruh dunia. Bahkan artis sekelas Tom Cruise dan Jessica Alba memakai motif batik yang meskipun bertema kontemporer tetap saja itu merupakan motif Batik Indonesia. Apabila di negara sendiri batik sangat dihargai maka sudah pasti dunia juga ikut mengakui bahwa batik juga merupakan trend fashion yan ikut berkembang tanpa menghilangkan nilai filosofisnya sebagai batik yang memiliki nilai sosial tersendiri.

3. Batik Indonesia Tidak Ada Duanya

Setiap motif batik, dan desain batik yang dikerjakan pembatik tidak akan pernah sama, apalagi berbicara tentang batik tulis. Bahkan sekelas batik cap saja tidak akan pernah memiliki corak yang sama persis, meskipun dibuat dengan cap yang sama. Karena pewarnaan dan malam yang digunakan dapat memiliki efek yang berbeda di setiap kain batik yang dihasilkan. Belum lagi kalau itu merupakan batik tulis yang pembatiknya saja dapat memiliki inovasi yang berbeda di setiap batiknya. Apabila ada batik yang sama persis maka itu ada lah sebuah kebetulan atau mungkin batik printing.

Hal itu yang menjadikan batik sangat spesial, pengrajin batik apabila diberikan motif yang sama pasti hasilnya akan berbeda. Mirip sudah pasti, tetapi sama, itu merupakan hal yang tidak mungkin dalam hal batik tulis. Namun semua perbedaan itu memiliki nilai filosofis yang hanya perajin batik yang mengerti apa makna dan maksud tersembunyi dari motif batiknya.

4. Batik Sudah Menjadi Trend Fashion dalam berbagai Acara Resmi

Sebagai contoh dalam pernikahan adat Jawa, batik merupakan suatu keharusan. Tidak mungkin memakai sarung ketika sebuah prosesi acara resepsi pernikahan. Mulai dari siraman sampai resepsi, kemudian acara mitoni kelahiran anak semuanya memakai batik. Dalam tradisi adat Jawa batik merupakan pakaian yang memberikan berbagai manfaat dan tujuan yang berbeda-beda berdasarkan motifnya.

Ketika menghadiri acara pernikahan pun batiqlovers juga paling tidak memakai batik sebagai fashion official untuk menunjukkan bahwa batiqlovers menghormati mempelai ataupun keluarga mempelai. Meskipun tidak semuanya diharuskan memakai batik, tetapi seperti sudah terbawa suasana ketika pernikahan adat jawa itu pakaian yang paling modis merupakan batik

Tidak hanya dalam pernikahan, ketika dalam acara resmi pertemuan atau rapat batiqlovers juga dapat temukan banyak yang memakai motif batik sebagai pakaian kehormatan. Bahkan di beberapa instansi juga menggunakan batik ketika hari tertentu sebagai seragam mereka bekerja. Batik sudah menjadi trend fashion yang batiqlovers sendiri tidak menyadarinya.

5. Melestarikan dan Mempromosikan Batik Indonesia

Ketika memakai batik atau paling tidak motif batik baik itu motif batik kontemporer maupun batik klasik maka secara otomatis batiqlovers sudah melestarikan salah satu budaya yang turun temurun diwariskan kepada batiqlovers. Disamping itu predikat bangsa Indonesia di mata dunia akan menjadi lebih baik. Tidak hanya dalam fashion, tetapi budaya orang Indonesia yang ramah dan santun akan muncul beriringan dengan batik indonesia yang juga akan terkenal.

Dunia sudah mengakui bahwa batik memang dari Indonesia, namun bukan kemudian batiqlovers selesai dengan itu. Batik harus tetap batiqlovers lestarikan mulai dari diri batiqlovers sendiri. Tidak perlu menunggu perintah atau menunggu di klaim bangsa lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.