Batik Cirebon
Bagikan ke :

Selain Jogja, Solo dan Pekalongan, Cirebon juga mempunyai tradisi membatik. Batik Cirebon ini memiliki dua versi yaitu Batik Keraton dan Batik daerah pesisir atau yang sering dikenal dengan nama Trusmi.

Batik keraton merupakan hasil kecintaan keluarga keraton pada seni lukis. Dulu hasil lukisan ini masih menggunakan daun lontar sebagai kanvasnya (sebelum ada katun).

Batik Cirebon terkenal dengan Batiknya yang bermotif Mega Mendung. Bentuknya gumpalan-gumpalan awan putih. Motif ini dibuat oleh salah satu cucu dari Sunan Gunung Jati, yaitu Pangeran Cakrabuana.

Motif Mega Mendung ini bermakna kehidupan dunia atas atau bisa juga bermakna kebebasan. Ada juga versi lain yang menyebutkan bahwa Motif Mega Mendung ini diadaptasi dari hiasan leramik yang dibawa oleh Putri Ong Tien saat menikah dengan Sunan Gunung Jati pada abad ke-16.

Maestro Batik Cirebon mengatakan  Mega Mendung terdiri dari kata Mega yang berarti langit atau awan dan juga Mendung atau langit yang meredup.  Istilah Mendung disini diartikan dalam kehidupan manusia sebagai sifat yang sabar dan juga tidak mudah marah.

Dalm proses pembatikannya juga di isyaratkan kepada senimannya untuk bersabar dan tidak mudah emosi serta telaten. Pun dengan pengguna Batiknya yang juga diharapkan untuk menjadi sosok yang sabar.

Ciri khas dari Batik Keraton Cirebon lainnya adalah warnanya yang cenderung gelap seperti hitam, merah tua, dan juga cokelat yang menjadi warna dominasi. Dari warna khas ini bisa menjadi pembeda antara Batik Kerton dengan Batik Pesisir.

Untuk Batik Pesisir memiliki warna dasar yang cerah seperti biru, hijau, dan juga merah. Dari segi motif, Batik Pesisir atau Trusmi menggunakan motif motif yang berhubungan dengan keadaan seitar seperti motif Udang, Ikan dan juga Bunga.

Nah Batiqlovers, kalau berkunjung ke Kota Cirebon jangan lupa membeli batik Mega Mendung ini yaa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.