Bagikan ke :

Mata iritasi biasanya diakibatkan oleh adanya debu atau partikel yang masuk kedalam mata.Tanda-tanda gejalanya adalah, mata memerah, terasa gatal, dan bengkak. Meskipun bisa hilang dalam waktu kira-kira dua minggu, tapi tentu sangat mengganggu aktivitas Batiqlovers sehari-hari. Nah, untuk mengatasinya Batiqlovers bisa menggunakan beberapa bahan alami berikut..

1. Ampas teh hijau

Ternyata ampas the hijau juga masih berguna lho, jangan buru buru buang ampasnya ya Batiqlovers.. Karena ampas teh hijau ini bisa digunakan untuk mengompres mata yang berfungsi untuk meredakan iritasi. Hal ini dikarenakan Teh Hijau mengandung banyak bioflavonoid yang ampuh melawan infeksi virus, bakteri dan juga jamur. Nggak hanya itu, Teh Hijau juga di percaya mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan radikal bebas ataupun debu dan polusi yang menyebabkan alergi atau iritasi pada mata.

2. Minyak kelapa

Tak hanya berkhasiat untuk kulit kepala, Minyak Kelapa juga dapat Batiqlovers gunakan untuk meredakan gejala atau iritasi pada mata. Karena minya kelapa mengandung asam laurat dan asam kaprilat yang mampu melawan infeksi bakteri atau jamur penyebab iritasi. Selain itu minyak kelapa juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh sehingga antobodi Batiqlovers akan bekerja lebih keras untuk melawan dan mengurangi iritasi.

Caranya : Basahi kapas dengan minyak kelapa secukupnya kemudian kompreskan pada mata yang mengalami iritasi. Diamkan kurang lebih 5 menit. Batiqlovers bisa melakukannya tiga atau empat kali dalam sehari.

3. Lidah Buaya

Lidah Buaya adalah salah satu obat alami yang paling gampang untuk diterapkan. Batiqlovers hanya cukup mengoleskan getah lidah buaya pada sekeliling area mata dan juga pada kelopak nata yang mengalami iritasi dan biarkan hingga meresap. Lidah buaya mengandung Aloin dan Amodin yang bisa membatu meringankan mata bengkak atau mata gatal. Saat menggunakan getah Lidah Buaya ini, Batiqlovers akan merasakan sensasi dingin.

4. Kunyit

Kandungan Kurkumin yang tinggi pada kunyit mampu mengurangi pembengkakan dan juga iritasi pada mata. Namun ketika Batiqlovers hendak mencoba Kunyit ini sebagai obat alami untuk meredakan iritasi mata, hendaknya dikonsultasikan terlbih dahulu dengan dokter mata. Karena beberapa orang sensitive atau alergi terhadap kunyit.

Caranya cukup mudah, tumbuk kunyit hingga halus dan campurkan ke dalam air hangat. Kemudian ambil kain lembut dan basahi dengan sari kunyit tersebut. Kompreskan pada mata selama beberapa menit.

5. Kompres Air Dingin

Selumnya bersihkan mata Batiqlovers dengan air biasa, kemudian ambil air dingin dna juga kain. Tempelkan atau kompreskan pada bagian mata selama beberapa saat. Jika mata Batiqlovers iritasi dan juga bengkak, cara ini sangat ampuh untuk mengurangi pembengkakan tersebut.

Nah demikian tips alami untuk mengatasi iritasi mata. Semoga bermanfaat ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.