fakta unik jogja
Bagikan ke :

Berbicara mengenai kota Jogja pasti tidak akan ada habisnya, baik tentang wisatanya, budayanya bahkan kulinernya. Sebagai tujuan wisata Jogja memang memiliki pesona tersendiri bagi pengunjungnya. Yuk, kenali fakta menarik tentang Jogja, berikut ini 6 Fakta Unik Jogja :

6 fakta unik jogja

1. Kota yang memiliki nama lain terbanyak, yaitu Jogjakarta, Yogya, Jogja, Yogyakarta, Djogja, Ngayogyakarta, Ngayogyakarta Hadiningrat. Wah banyak sekali ya nama dari kota yogyakarta ini, mungkin ini bisa menjadi hal yang memicu kenapa yogyakarta ini sangat Istimewa.

2. Satu-satunya nama kota yang bisa dipotong, yaitu Yogyakarta > Yogya, Jogjakarta>Jogja. Nah dari kata yang bisa di potong-potong ini membuat salah satu kota ini unik. Yah, bisa Anda coba memotong nama kota Anda dan coba masih enak di dengar tidak.

3. Kota yang memiliki sebutan terbanyak di Indonesia, sebutan itu antara lain sebagai Kota Gudeg , Kota Bakpia, Kota Pelajar , Kota Budaya , Kota Seniman, Kota Batik. Ya memang kota ini memiliki banyak sekali sebutan karna aneka ragam isinya. Dari beberapa yang di sebutkan mungkin akan muncul lagi nama lainnya.

4. Pembangunan Kraton kesultanan Yogyakarta dan Tugu Jogja dibangun lurus dengan pantai selatan Jawa dan Gunung Merapi , seakan terdapat garis imaginer yang menghubungkannay ( Gunung Merapi – Tugu Jogja – Kraton Yogya – Pantai Selatan )

5. Jogja memiliki istana presiden , yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Yogyakarta (daerah Malioboro)

6. Jogja memiliki satu even satu-satunya di Indonesia yaitu Jogja Java Carnival , carnival malam hari di sepanjang Jalan Malioboro hingga Alun-alun Kraton Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.