Bagikan ke :

Apakah Batiqlovers suka membuang sayuran ataupun buah yang bsuuk dari dalam lemari es atau kulkas? Perlu Batiqlovers ketahui bahwa sayur dan buah yang busuk di dalam kulkas disebabkan oleh kesalahan dalam penyimpanannya. Nah dari pada terlalu banyak buah dan sayur yang terbuang, yuk lakukan cara acara mudah berikut ini untuk menjaga kesegarannya.

1. Simpan secara Terpisah

Banyak diantara Batiqlovers yang menyimpan buah dan sayur dalam satu tempat atau wadah, hal ini harus dihindari karena banyak buah yang menghasilkan gas ethylene yang bisa bertindak seperti hormon yang dapat mematangkan dan merusak sayur yang ada disekitarnya.

Buah yang mengandung gas tersebut antara ;lan buag pisang, alpukat, dan juga buah persik. Jadi muali saat ini pisahklan buah dan sayur ya untuk penyimpanannya agar buah dan sayur tersebut semakin awet dan tetap segar.

2. Buat Vas untuk Sayuran

Ini adalah salah satu tips untuk menjaga kesegaran sayur, yaitu dengan membuat Vas.

Ambil vas kaca atau vas bening dan di isi dengan air. Bungkus bagian keliling luar dengan tisu dan kemudian masukan sayuran tersebut ke dalam vas dengan posisi tegak di dalam vas. Dengan meletakan sayur seperti ini akan memperlambat proses layu pada sayur.

3. Membekukan

Membekukan sayur dan juga buah didalam freezer bisa menjaga nutrusi dan juga kesegarannya.

4. Simpan Bawang di Stoking

Untuk keluarga bawang; bawang Bombay, bawang merah, dan juga bawang putih bisa menggunakan stoking warna hitam yang sudah tidak terpakai (kondisi bersih).

Kenapa harus warna hitam? Karena warna hitam bisa melindungi bawang dari sinar matahari yang bisa membuat bawang bertunas.

Caranya cukup mudah, masukan bawang-bawangan kedalam stoking dan kemudian gantungkan ditempat yang sejuk dan kering. Lubang lubang pada stoking akan menjaga bawang tetap kering dengan sirkulasi udara.

5. Bungkus dengan kertas alumunium

Ada beberapa sayur yang tidak kita pakai sekaligus, misalnya daun seledri. Biasanya kita akan menyisakan beberapa batang dan akan sayang untuk dibuang. Agar sisa sisa ini tetap segar, bungkuslah daun dan batangnya dengan kertas aluminium dan simpan didalam kulkas.

6. Simpan Kentang Bersama Apel

Biasanya kentang yang dibiarkan begitu saja selama beberapa hari akan tumbuh tunas. Batiqlovers bisa mencegahnya dengan menyimpan kentang bersama apel dalam wadah yang sama dan diletakan pada tempat yang sejuk dan kering. Dengan cara ini, kentang tidak akan bertunas karena adanya gas yang keluar dari buah apel. Untuk tempat penyimpanannya pun sangat tidak disarankan didalam kulkas karena akan mempercempat pertumbuhan tunas kentang. Dan apabila kentang tersebut sudah muncul tunas dan berwarna kehijauan sudah tidak baik untuk dikonsumsi, karena bisa mengandung racun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.