5 tanda kerusakan hati
Bagikan ke :

Organ hati (liver) memiliki peran penting dalam tubuh, dari mulai mencerna makanan, menyingkirkan zat beracun dari tubuh, dan menyimpan energi. Untuk itu, Batiqlovers perlu benar-benar menjaga agar organ yang satu ini terhindar dari kerusakan. Yuk, kenali gejala liver bermasalah yang sering kali tidak disadari berikut ini.

Gejala liver bermasalah yang tidak banyak disadari

Kulit gatal

Kulit gatal menjadi pertanda dan gejala liver bermasalah yang sangat samar dan kerap tak disadari. Namun, ternyata kondisi yang satu ini dapat muncul saat empedu masuk ke dalam aliran darah akibat hati yang rusak. Ketika saluran empedu tersumbat, empedu akan berhenti mengalir dan masuk kembali ke aliran darah. Akibatnya, empedu menumpuk di bawah kulit dan menyebabkan gatal.

Spider angioma

Spider angioma adalah kumpulan pembuluh darah arteriol kecil di bawah kulit yang melebar, bergerombol, dan membentuk seperti kaki laba-laba. Kondisi ini biasaya disebabkan oleh paparan sinar matahari, perubahan kadar hormon di dalam tubuh, dan penyakit hati.

Tingkat estrogen yang terlalu tinggi di dalam tubuh menandakan hati tidak berfungsi dengan baik karena tidak memetabolisme hormon yang satu ini. Akibatnya, muncullah spider angioma yang dapat terjadi di bagian tubuh mana pun. Akan tetapi, kelainan ini paling sering muncul di wajah, leher, dan kaki.

Memar

Orang yang memiliki masalah pada hati cenderung lebih mudah mengalami memar akibat cedera ringan. Hal ini disebabkan karena hati memperlambat atau menghentikan produksi protein yang diperlukan dalam proses pembekuan darah. Akibatnya, Batiqlovers cenderung mudah mengalami perdarahan di dalam atau yang lebih dikenal dengan memar.

Bau mulut

Bau mulut tak hanya menandakan kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Kondisi ini juga dapat menjadi pertanda kerusakan hati. Bau mulut biasanya menjadi pertanda ketika seseorang mengalami gagal hati. Hal ini disebabkan karena tingginya senyawa dimetil sulfida di dalam darah yang sangat umum terjadi pada orang dengan sirosis hati.

Bintik cokelat di wajah

Hati-hati apabila tiba-tiba muncul bintik cokelat di wajah. Pasalnya, kondisi ini dapat jadi disebabkan oleh hati yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika hati bermasalah, hormon estrogen dalam tubuh mengalami peningkatkan. Kondisi ini kemudian menghasilkan zat yang disebut dengan tyrosinase.

Tyrosinase adalah enzim yang mengandung tembaga dan memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak melanin. Kadar melanin yang berlebih inilah yang membuat noda cokelat pada wajah muncul ke permukaan.

Batik Modern | Batik Jogja | Pusat Batik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.