Bagikan ke :

Temukan info dan referensi makanan khas lampung di al-batique. Berkunjung ke lampung tentu wajib hukumnya untuk cobain kuliner berikut ini agar gak rugi. Yuk simak disini apa rekomendasi makanan khas lampung.

Kuliner tradisional khas Lampung memiliki banyak kesamaan dengan Palembang karena lokasinya berdekatan. Kemiripannya dapat dilihat dari banyaknya olahan berbahan dasar ikan dan sambal asam manisnya. Sekalipun mirip, tentu memiliki keunikan tersendiri dari makanan khas masing-masing.

Makanan Khas Lampung yang Wajib Dicoba

Saat berkunjung ke Lampung, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya. Inilah beberapa makanan yang wajib dicoba:

1. Pandap

Pandap adalah olahan berbahan dasar ikan laut yang mirip dengan pepes. Daun yang dipakai untuk membungkus adalah daun pisang serta daun talas. Sebelum dibungkus dan direbus selama delapan jam, ikan diberi bumbu terlebih dahulu. Kemudian bungkusan diendapakan dalam rantang agar airnya meresap.

2. Sop dan Sate Tuhuk

Ikan tuhuk dikenal juga dengan black marlin. Harga black marlin terbilang mahal. Namun, masyarakat pesisir barat Lampung akrab dengan jenis ikan ini dan biasa mengolah black marlin menjadi sop atau sate.

3. Tempoyak

Biasanya masyarakat mengonsumsi tempoyak sebagai campuran lauk seperti seruit atau campuran sambal. Tempoyak merupakan campuran daging durian matang dicampur sedikit garam dan cabe rawit. Lalu difermentasi selama 2-5 hari.

4. Seruit

Seruit adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari ikan bakar atau goreng. Ikan dihidangkan bersama sambal, tempoyak ataupun mangga. Seruit menjadi makanan pokok atau makanan sehari-hari masyarakat adat Pepadun. Seruit juga biasa disajikan saat melakukan acara atau pesta.

5. Geguduh

Selain seruit, geguduh adalah cemilan wajib saat melaksanakan acara perkumpulan masyarakat adat. Geguduh terbuat dari pisang kepok yang dihaluskan kemudian dicampur susu, terigu dan selai. Kemudian adonan digoreng dan disajikan bersama teh atau kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.